I DID IT MY WAY

Lagu Favoritku Untukku dan Untukmu. (My Way) Sebuah Perjalanan

Ini adalah lagu yang sudah lama saya dengarkan kudengarkan tanpa tau arti yang sebenarnya. hhaa
Akan kucoba menterjemahkannya dengan terjemahan bebas.

Frank Sinarta
Lagu legendaris yang yang diciptakan oleh Frank sinarta yang telah beberapa kali dinyanyikan oleh beberapa penyanyi besar dunia barat seperti Elvis Presley. Tau elvis? Kalau tau berarti kamu memang sudah tua. hha lagu beda zaman tapi masih sangat nikmat untuk didengarkan. Dan diresapi. 


Lirik lagu ini sngat bermakna yang menggambarkan tentang perjalanan dinamika hidup seorang manusia. Dimana katanya hidup selalu menawarkan dua pilihan. Baik dan buruk. Menangis dan tertawa. Derita dan bahagia.Tinggal pilih yang mana dan bagaimana kita menyikapinya.

Hidup seperti menyusuri sebuah jalan. Yang kadang tak selalu lurus. Kerikil-kerikil tajam bahkan batu yang besar menghadang. Kadang kala kita harus tersesat terlebih dahulu untuk tau jalan yang benar. Kadang terjal dan berliku. kadang naik dan turun. Ada yang lurus-lurus aja. Bahkan banyak yang tersesat dan tak pernah kembali. Ampuni aku ya Tuhan..

Selalu ada hikmah dibalik semua bagi mereka yang berfikir dan belajar. Belajar dari hidup. Belajar dari sebuah kesalahan. Dan semuanya dilakukan dengan cara masing-masing. Menjadi diri sendiri.  tak pernah ingin menjadi seperti orang lain. Aku hanya ingin menjadi lebih baik daripada diriku yang dahulu. Yang kemarin. Terus belajar dan belajar. Berjuang dan berdoa. Bagaimanapun jalan ini akan kutempuh. SemogaTuhan mengampuni segala dosa. Dan membimbing kejalan yang benar.


MY WAY

And now, the end is near
Dan kini, akhir pertjalananku sudah dekat

And so I face the final curtain
Dan kuhadapi babak terakhir kehidupanku
My friend, I'll say it clear
Kawan, kan kukatakan dengan jelas
I'll state my case, of which I'm certain
Aku akan menyatakan hal yang kuyakini

I've lived a life that's full
Telah kujalani hidup yang lengkap
I've traveled each and ev'ry highway
Telah kulewati setiap jalan raya

And more, much more than this
Dan lagi, lebih dari itu

I did it my way
Kulakukan itu dengan caraku sendiri

*Kawan.. kini perjalananku sudah semakin dekat. babak akhir kehidupanku semakin dekat. Kawan.. aku akan mengatakannya dengan terus terang. Ku ungkapkan apa yang selama ini kuyakini.
Telah kulalui banyak jalan yang berliku. Dan segalanya kujalani dengan caraku sendiri.

Regrets, I've had a few
Aku memiliki secuil penyesalan
But then again, too few to mention
Tapi kemudian memang terlalu sedikit untuk disebutkan
I did what I had to do
Kulakukan yang memang harus kulakukan

And saw it through without exemption
Dan menyelesaikannya tanpa ada yang tersisa

I planned each charted course
Aku telah merencanakan setiap detail perjalanan
Each careful step along the byway
Berhati-hati melangkah disetiap jalan yg ku lalui
And more, much more than this
Dan lagi, lebih dari itu
I did it my way
Kulakukan itu dengan caraku sendiri

*Aku tau aku memiliki beberapa penyesalan dalam hidup. Tetapi itu terlalu sedikit karena aku telah mendapatkan banyak pelajaran. Kulakuan apa yang memang harus kulakukan. Dan melakukannya dengan cara yang terbaik.
Aku telah merencanakan setiap detil perjalananku. Berhati-hati dalam melangkah disetiap jalan yang kulalui. Dan begitu banyak hal lain yang semuanya kulakukan dengan caraku sendiri.

Yes, there were times
Ya, memang ada saatnya.
I'm sure you knew
 aku yakin kau tahu
When I bit off more than I could chew
Saat aku menggigit lebih dari apa yang mampu kukunyah
But through it all, when there was doubt
Dan terus menjalaninya, saat ada keraguan
I ate it up and spit it out
Aku menghabiskannya dan meludahkannya
I faced it all and I stood tall
Kuhadapai semuanya dan kuberdiri tegak
And did it my way
Dan kulakukan itu dengan caraku sendiri

*Ada sebuah masa di mana kamu tahu bahwa aku melakukan sesuatu yang melebihi kemampuanku. Dan terus menjalaninya walaupun kadangkala muncul keraguan. Namun aku selalu tepiskan keraguan itu dan aku hadapi dengan sepenuh keyakinan bahwa aku bisa terus kuat menjalaninya dengan caraku sendiri.

I've loved, I've laughed and cried
Aku telah mencinta, aku tlah tertawa dan menangis
I've had my fill, my share of losing
Aku telah menikmati sepuasnya rasa kehilangan
And now, as tears subside
Dan kini, saat air mata telah surut
I find it all so amusing
Aku mendapati semuanya sangat menggelikan

To think I did all that
Saat berpikir bahwa aku telah melakukan semua itu sebelumnya
And may I say, not in a shy way
Dan bolehkah aku berkata, tanpa malu-malu
Oh no, oh no not me
Oh tidak, oh tidak aku
I did it my way
Kulakukan itu dengan caraku

*Aku sudah menjalani segala suka dan duka. Aku pernah merasa kehilangan jatuh dan tersungkur dan masih banyak lagi. Dan saat ini, saat semua beban ini telah mulai berkurang. Aku mendapatkan makna bahwa semuanya yang telah kulalui ternyata begitu indah dan berwarna. Mendapatkan banyak pelajaran yang berarti. Dan itu pun telah berkali-kali kulalui sebelumnya, semua itu kulakukan dengan caraku sendiri.

Oh what is a man, what has he got?
Oh  apakah arti seorang manusia, apakah yang telah dimilikinya?
If not himself, then he has naught
Jika bukan dirinya sendiri maka tak ada lagi yang dimilikinya
To say the words he truly feels
Mengungkapkan apa yang benar-benar dirasakannya
And not the words of one who kneels
Dan bukan kata-kata permohonan yang diucapkan saat bersujud
The record shows I took the blows
Jejak menunjukkan aku menerima pukulan dan tamparan sekaligus
And did it my way
Dan menjalaninya dengan caraku sendiri

*Apalah arti seorang manusia jika tidak menjadi dirinya sendiri. Mereka memilih untuk menjalani sesuatu yang sebenarnya tidak dinikmatinya. Dan memang selalu ada konsekuensi saat kita memilih jalan dengan cara yang kita pilih. Dan jalananilah dengan cara yang terbaik.

Hidup terus berjalan. Meskipun penuh tangisan. Penuh senyuman. Terus berproses dan belajar. Nimati seluruh proses ini. Menyerah bukan cara yang terbaik. Ucapkan salam untuk hidup ini dan jangan lupa bahagia… :)
0 Komentar untuk "Lagu Favoritku Untukku dan Untukmu. (My Way) Sebuah Perjalanan"

Back To Top